Disusun oleh :
NAMA : PRAKOSO A.W
NIM : 0922.01.0014
JURUSAN SISTEM INFORMASI
SEKOLAH
TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER BIDAKARA
PANCORAN -
JAKARTA
2012
1. Latar Belakang.
Perpustakaan tak bisa dipisahkan dari
pembelajaran siswa-siswi di sekolah dalam mencari ilmu pengetahuan. Fasilitas
yang disediakan sekolah ini, sangatlah bermanfaat bagi semua siswa apabila bisa
memanfaatkannya secara maksimal. Koleksi buku pada perpustakaan hendaknya
selalu diperbaharui pada setiap periodenya sesuai dengan penerapan sistem
pendidikan yang diterapkan oleh pemerintah. Namun, tidak semua perpustakaan
menerapkan teknologi dalam proses kegiatan perpustakaan seperti peminjaman
buku, pendaftaran anggota, pencarian buku dan lain-lain. Hal ini membuat
kegiatan perpustakaan dilakukan secara manual atau menggunakan pembukuan.
SMA Negeri 4 Bogor merupakan salah satu
sekolah menengah atas negeri di Kota Bogor. Pada tahun 2012 ini, Sma 4 bertekad
memperbaiki infrastruktur dan kinerja para guru-guru agar bisa menjadi sekolah
yang berbasis internasional. Namun, perbaikan infrastruktur tidak dibarengi
dengan perkembangan sistem komputer di dalam sekolah ini. Salah satunya adalah
belum terkomputerisasinya sistem pengelolaan perpustakaan, dengan penerapa
sistem manual membuat kurang maksimalnya kinerja perpustakaan. Beberapa
Contohnya, sistem pencarian buku yang memakan waktu dan peminjaman buku yang
masi dicatat dalam bentuk pembukuan. Hal ini membuat pelayanan terhadap
siswa-siswi Sma 4 menjadi kurang baik.
Dengan menganalisa gejala-gejala
permasalahan tersebut, kami dapat menarik kesimpulan mengenai suatu peluang
pengembangan sebuah aplikasi perpustakaan yang diterapkan pada sekolah ini.
Aplikasi tersebut berbentuk web yang berisi kegiatan-kegiatan perpustakaan yang
sebelumnya dilakukan secara manual menjadi sebuah sistem terkomputerisasi,
contoh seperti pengelolaan daftar buku yang dipunya oleh perpustakaan dalam
bentuk database. Aplikasi ini dibangun dengan tampilan user interface yang user
friendly, sehingga bagi pengguna yaitu pegawai perpustakaan bisa menggunakannya
dengan mudah. Tampilan dibuat menggunakan Macromedia Dreamweaver 8 dan
Macromedia Flash 8, Database menggunakan MySql dan yang terpenting coding
pemrograman menggunakan PHP.
Pengembangan sistem ini dimaksudkan
untuk meningkatkan kinerja dari perpustakan dan mendukung Sma 4 Bogor menjadi
sekolah yang tidak hanya berbasis internasional, namun menjadi sekolah negeri
yang berbasis teknologi informasi kedepannya.
2. Rumusan Masalah
Aplikasi ini dibuat untuk perpustakaan “SMA NEGERI 4 BOGOR”, aplikasi ini
dapat membantu kinerja perpustakaan yang sebelumnya menggunakan sistem manual
untuk melakukan setiap kegiatannya. Sistem baru ini dapat membantu kinerja
perpustakaan lebih cepat dan terkomputerisasi seperti pendaftaraan anggota,
pencarian buku, peminjaman buku, pengembalian buku, perhitungan denda dan
pemeliharaan data buku. Aplikasi ini berbentuk web yang penggunaannya
diperuntukkan bagi pegawai perpustakaan. Sistem ini dibangun menggunakan
beberapa software :
1. Coding pemrograman
menggunakan bahasa PHP
2. Database menggunakan
MySql
3. Tampilan sistem
perpustakaan menggunakan Macromedia Dreamweaver 8 dan macromedia Flash 8.
3. Batasan Masalah
Batasan Masalah dari perumusan masalah diatas adalah sebagai berikut :
1. membahas tentang
proses :
2. pendaftaraan anggota
3. Pencarian buku
4. Peminjaman buku
5. Pemngembalian buku
6. Pemeliharaan data
7. Perhitungan denda
1. Tidak membahas tentang
pembelian buku atau penjualan buku.
2. Tidak membahas tentang
pembuatan laporan.
3. Sistem informasi
berbasis web yang penggunaannya hanya untuk pegawai perpustakaan.
Pada proposal ini kami tim pengembang ingin memberikan batasan masalah.
Dalam membangun Aplikasi perpustakaan “SMA NEGERI 4 BOGOR” yaitu hanya pada
pembuatan aplikasi web. Aplikasi ini di tujukan untuk pegawai perpustakaan
untuk mendokumentasikan kegiatan pinjam meminjam buku dan untuk siswa SMA
NEGERI 4 BOGOR sebagai media untuk memesan buku secara online.
4.
Ruang lingkup Proyek
Proyek aplikasi sistem perpustakaan “SMA NEGERI 4 BOGOR” yang akan
dikembangkan memiliki beberapa ruang lingkup yang harus dikerjakan yaitu
sebagai berikut:
1. Menganalisis setiap
prosedur-prosedur yang berhubungan dengan pendaftaraan anggota, cara peminjaman
buku , pengembalian buku dan pengarsipan data.
2. Mendesain sebuah
sistem yang mendukung dari sebuah sistem serta menunjang kinerja dari sistem
ini.
3. Membuat sebuah program
yang mengimplementasikan sistem perpustakaan.
Menerapkan serta melakukan percobaan sistem ini sampai dengan
penerapan sistem ini secara memuaskan.
5.
Modul Pengembangan
1. Modul daftar buku yang
tersedia
2. Modul pendaftaraan
anggota
3. Modul peminjaman buku
dan pengembalian buku
4. Modul pengorganisasian
data
5. Modul pemeliharaan
data buku
6.
6. Manfaat Pengembangan Sistem
Manfaat dari pengembangan sistem ini adalah sebagai berikut :
1. Meningkatkan pelayanan
perpustakaan kepada siswa-siswa “SMA NEGERI 4 BOGOR”
2. Memudahkan siswa-siswi
untuk pendaftaraan anggota perpustakaan, peminjaman buku dan pengembalian buku.
3. Mengganti sistem
manual ke dalam sistem baru yang lebih terkomputerisasi.
4. Mempermudah untuk
pencarian buku.
5. Pemeliharaan data
lebih cepat dan mudah dilakukan.
7.
Tujuan perencanaan Proyek
Tujuan dirancangnya proyek sistem perpustakaan ini antara lain:
1. Memberikan pelayanan
peminjaman dan pengembalian buku lebih cepat dari sebelum sistem ini
dibuat.
2. Proses pemeliharan
data dapat dilakukan dengan pengarsipan melalui media komputer dan
proses pemeliharaannya jauh lebih mudah jika dilakukan dengan
komputerisasi
8. Rancangan Biaya Sistem
> Biaya persiapan
Tipe Requitment
|
Spesifikasi
|
Harga Satuan ( Rupiah )
|
Software
|
Macromediadreamweaver 8
Macromedia flash 8
My SQL Server
Domain & Hosting
|
1.500.000
1.500.000
-
200.000/bulan
|
Hardware
|
1 Paket Komputer ( PC )
Modem Eksternal
1 Printer
|
4.800.000
500.000
750.000
|
JUMLAH
|
9.250.000
|
> Biaya Pengerjaan :
No.
|
Perincian
|
Biaya ( Rupiah )
|
1
|
Analisis kebutuhan
|
5.000.000
|
2
|
Design Fungsi
|
3.000.000
|
3
|
Pemograman
|
3. 200. 000
|
4
|
Pengujian
|
1.000.000
|
5
|
Instalasi
|
2.500.000
|
6
|
Pelatihan
|
2.500.000
|
7
|
Pemeliharaan
|
2.000.000
|
8
|
Dokumentasi
|
1.000.000
|
Jumlah
|
20.200.000
|
9.
Tim Pengembang
Untuk mengembangkan sistem Informati
perpustakaan “SMA NEGERI 4 BOGOR” berbasis web, maka dibutuhkan tim
pengembang yang kompeten di bidangnya masing-masing, sebagai berikut:
1. Project Manager dan System Analisis
: Annisa nur kartika
2. Database Engineering
: Agus salim
3. Graphic and Software
Engineer
: Prakoso A.W
10. Metodologi
Metodologi merupakan elemen yang paling
mendasar dari suatu proses bisnis. Berikut ini adalah suatu metodologi untuk
merealisasikan proyek Aplikasi Sistem perpustakaan Berbasis Web,
tahapannya sebagai berikut:
1. Analisis Kebutuhan
Mempelajari proses-proses dan indentifikasi data-data yang dibutuhkan, dalam
perancangan suatu aplikasi informasi percetakaan berbasis web. Sehingga dapat
memenuhi kebutuhan dan kemudahan dalam hal ini untuk meningkatkan pelayanan
efesiensi dan keputusan.
2. Desain Fungsi
Melakukan desain sistem secara detail, mulai dari Context Diagram,Data
Flow Diagram (DFD), desain file, desain tabel, relasi
tabel dan sebagainya sehingga membentuk sistem lengkap sesuai dengan
fungsi-fungsi bisnis yang dikehendaki.
3. Pemograman
Melakukan coding untuk merealisasikan desain fungsi yang
telah dibuat. Lama Pengerjaan, kerumitan dan Jumlah baris coding menentukan
besar-kecilnya harga Aplikasi yang dibuat.
4. Pengujjian
Melakukan beberapa testing dengan uji prilaku (behavior testing), focus
terhadap input dan output, dan testing terhadap fungsionalitas sistem.
5. Instalasi
Mengganti sistem lama dengan menempatkan sistem baru yang telah
dibuat, jika hasil dari suatu proses pengujian sudah sesuai dengan
fungsinya.
6. Pelatihan
Sebelum aplikasi program dijalankan/ kunjungi oleh user, pihak developer
proyek perangkat lunak bertanggung jawab melatih pegawai perpustakaan “SMA
NEGERI 4 BOGOR” yang hendak mengoperasikan program aplikasi yang telah dibuat.
Pihak pengembang juga berkewajiban memberikan informasi yang benar dan terbuka
sehingga tidak menyulitkan para pengguna aplikasi selanjutnya.
7. Pemeliharaan
Proyek perangkat lunak tidak bisa selesai begitu saja setelah
diserahterimakan, tetapi masih berlanjut hingga tenggang waktu yang cukup untuk
memastikan bahwa produk perangkat lunak yang telah diserahkan tersebut bisa
beroperasi dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti.
8. Dokumentasi
Dalam sebuah proyek bisa terdiri dari beberapa dokumen. Dokumen dibuat
untuk melihat kemajuan proyek yang sedang dikembangkan, sebagai referensi untuk bug bila
terjadi kendala, sebagai pedoman operasional dan sebagainya.
10. Kelayakan hukum
Secara hukum, seluruh perangkat baik
software maupun hardware termasuk prosedur-prosedur yang akan digunakan tidak
menyalahi ketentuan yang berlaku di negara Indonesia serta ketentuan
perusahaan.
11. Software Alternative
Daftar software
|
Harga Software
|
Software Pilihan
|
Alasan memilih
|
User Interface :
Macromedia Dreamweaver 8
Macromedia Flash 8
Visual Foxpro
Adobe Photoshop 7.0
|
Rp 1.500.000
Rp 1.500.000
Rp 1.200.000
Rp 1.200.000
|
Macromedia Dreamweaver 8 dan
Macromedia Flash 8
|
Perpaduan antara kedua software merupakan perpaduan yang baik untuk
tampilan web, karena sangat atraktif
|
Database :
MySql
Oracle
Microsoft Access
|
Open Source
|
MySql
|
MySql lebih cocok dengan Dreamweaver. Walaupun Access bisa juga digunakan
|
Pemrograman :
Php
Java
Delphi
|
Open Source
Open Source
Open Source
|
PHP
|
Php lebih bagus dipadukan dengan dreamweaver untuk membangun sebuah web
|
Pengembangan sistem dibuat untuk perpustakaan “SMA NEGERI 4 BOGOR”, aplikasi ini dapat membantu kinerja perpustakaan yang sebelumnya menggunakan sistem manual untuk melakukan setiap kegiatannya. Sistem baru ini dapat membantu kinerja perpustakaan lebih cepat dan terkomputerisasi seperti pendaftaraan anggota, pencarian buku, peminjaman buku, pengembalian buku, perhitungan denda dan pemeliharaan data buku. Aplikasi ini berbentuk web yang penggunaannya diperuntukkan bagi pegawai perpustakaan.
Pendekatan klasik lawan pendekatan terstruktur ( dipandang dari metodologi yang digunakan ). yaitu sistem yg awalnya secara manual menjadi komputersasi.
Pendekatan sepotong lawan pendekatan sistem ( dipandang dari sasaran yang akan dicapai ). yaitu Meningkatkan pelayanan perpustakaan kepada siswa-siswa “SMA NEGERI 4 BOGOR”, Memudahkan siswa-siswi untuk pendaftaraan anggota perpustakaan, peminjaman buku dan pengembalian buku, Mengganti sistem manual ke dalam sistem baru yang lebih terkomputerisasi, Mempermudah untuk pencarian buku, Pemeliharaan data lebih cepat dan mudah dilakukan.
Pendekatan bawah-naik lawan pendekatan atas-turun ( dipandang dari cara menentukan kebutuhan dar sistem ).Secara hukum, seluruh perangkat baik software maupun hardware termasuk prosedur-prosedur yang akan digunakan tidak menyalahi ketentuan yang berlaku di negara Indonesia serta ketentuan perusahaan.
Pendekatan lompatan jauh lawn pendekatan berkembang ( dipandang dari cara mengembangkannya ). dengan adanya database yg disediakan maka sistem ini mulai lebih gampang dan lancar untuk dijalankan dan digunakan agar kinerja perpustakaan lebih efisien.
Pendekatan lompatan jauh lawan pendekatan berkembang ( dipandang dari teknologi yang akan digunakan). teknologi yg digunakan Berbasis Web dan mengunakan Context Diagram,Data Flow Diagram (DFD), desain file, desain tabel, relasi tabel dan sebagainya sehingga membentuk sistem lengkap sesuai dengan fungsi-fungsi bisnis yang dikehendaki.
tahapan-tahapan utama dalam pengembangan Sistem ini :
1. Analisis Kebutuhan
Mempelajari proses-proses dan indentifikasi data-data yang dibutuhkan, dalam perancangan suatu aplikasi informasi percetakaan berbasis web. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan kemudahan dalam hal ini untuk meningkatkan pelayanan efesiensi dan keputusan.
2. Desain Fungsi
Melakukan desain sistem secara detail, mulai dari Context Diagram,Data Flow Diagram (DFD), desain file, desain tabel, relasi tabel dan sebagainya sehingga membentuk sistem lengkap sesuai dengan fungsi-fungsi bisnis yang dikehendaki.
3. Pemograman
Melakukan coding untuk merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat. Lama Pengerjaan, kerumitan dan Jumlah baris coding menentukan besar-kecilnya harga Aplikasi yang dibuat.
4. Pengujjian
Melakukan beberapa testing dengan uji prilaku (behavior testing), focus terhadap input dan output, dan testing terhadap fungsionalitas sistem.
5. Instalasi
Mengganti sistem lama dengan menempatkan sistem baru yang telah dibuat, jika hasil dari suatu proses pengujian sudah sesuai dengan fungsinya.
6. Pelatihan
Sebelum aplikasi program dijalankan/ kunjungi oleh user, pihak developer proyek perangkat lunak bertanggung jawab melatih pegawai perpustakaan “SMA NEGERI 4 BOGOR” yang hendak mengoperasikan program aplikasi yang telah dibuat. Pihak pengembang juga berkewajiban memberikan informasi yang benar dan terbuka sehingga tidak menyulitkan para pengguna aplikasi selanjutnya.
7. Pemeliharaan
Proyek perangkat lunak tidak bisa selesai begitu saja setelah diserahterimakan, tetapi masih berlanjut hingga tenggang waktu yang cukup untuk memastikan bahwa produk perangkat lunak yang telah diserahkan tersebut bisa beroperasi dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti.
8. Dokumentasi
Dalam sebuah proyek bisa terdiri dari beberapa dokumen. Dokumen dibuat untuk melihat kemajuan proyek yang sedang dikembangkan, sebagai referensi untuk bug bila terjadi kendala, sebagai pedoman operasional dan sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar