EVOLUSI SISTEM INFORMASI
A. Fokus awal pada data
Selama paruh pertama abad 20, perusahaan pada umumnya mengabaikan kebutuha n informasi para manajer. Pada fase ini penggunaan komputer hanya terbatas pada aplikasi akuntansi.
Nama aplikasi akuntasnsi berbasis komputer pada awalnya adalah pengolahan data elektronik (EDP) kemudian berubah menjadi Data prosesing (DP) dan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) .
B. Fokus baru pada informasi
Tahun 1964 diperkenalkan satu generasi baru alat penghitung yang mempengaruhi cara penggunaan komputer. Konsep penggunaan komputer sebagai SIM dipromosikan oleh pembuat komputer untuk mendukung peralatan baru tsb. Konsep SIM menyadari bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi manajemen. Konsep ini segera diterima oleh perusahaan besar.
C. Fokus revisi pada pendukung keputusan.
Sistem pendukung keputusan (Decision support system)
= sistem penghasil informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan oleh manajer dan keputusan yang harus dibuat manajer.
Manajer tsb. Berada di bagian manapun dalam organisasi pada tingkat manapun dan dalam area bisnis apapun. DSS dimaksudkan untuk mendukung kerja satu manajer secara khusus.
Selama paruh pertama abad 20, perusahaan pada umumnya mengabaikan kebutuha n informasi para manajer. Pada fase ini penggunaan komputer hanya terbatas pada aplikasi akuntansi.
Nama aplikasi akuntasnsi berbasis komputer pada awalnya adalah pengolahan data elektronik (EDP) kemudian berubah menjadi Data prosesing (DP) dan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) .
B. Fokus baru pada informasi
Tahun 1964 diperkenalkan satu generasi baru alat penghitung yang mempengaruhi cara penggunaan komputer. Konsep penggunaan komputer sebagai SIM dipromosikan oleh pembuat komputer untuk mendukung peralatan baru tsb. Konsep SIM menyadari bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi manajemen. Konsep ini segera diterima oleh perusahaan besar.
C. Fokus revisi pada pendukung keputusan.
Sistem pendukung keputusan (Decision support system)
= sistem penghasil informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan oleh manajer dan keputusan yang harus dibuat manajer.
Manajer tsb. Berada di bagian manapun dalam organisasi pada tingkat manapun dan dalam area bisnis apapun. DSS dimaksudkan untuk mendukung kerja satu manajer secara khusus.
EVOLUSI PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS
Perangkat keras
komputer berevolusi dari mesin yang membutuhkan tindakan manual
yang terpisah untuk melakukan setiap operasi aritmatika, dengan kartu punch
mesin, dan kemudian disimpan-program
komputer . Sejarah disimpan-program komputer berkaitan
pertama untuk arsitektur komputer, yaitu, organisasi unit untuk melakukan input
dan output, untuk menyimpan data dan untuk beroperasi sebagai mekanisme
terpadu.
Sebelum perkembangan komputer tujuan umum,
perhitungan sebagian besar dilakukan oleh manusia. Alat mekanik untuk
membantu manusia dengan perhitungan digital kemudian disebut "mesin
hitung", dengan nama kepemilikan, atau bahkan seperti sekarang,kalkulator . Itu
orang-manusia yang menggunakan mesin-mesin yang kemudian disebut komputer. Selain
angka ditulis, bantuan pertama perhitungan adalah murni perangkat mekanik yang
diperlukan operator untuk mengatur nilai awal dari suatu operasi aritmatika
dasar, kemudian memanipulasi perangkat untuk mendapatkan hasilnya. Contoh
(dan relatif baru) canggih adalah aturan slide di
mana angka direpresentasikan sebagai panjang pada skala logaritmik dan
perhitungan dilakukan dengan menetapkan kursor dan menyelaraskan skala geser,
sehingga menambah panjang tersebut. Bilangan dapat direpresentasikan dalam
bentuk terus menerus "analog", misalnya tegangan atau beberapa
properti fisik lainnya ditetapkan harus proporsional dengan nomor. Komputer
analog, seperti yang dirancang dan dibangun oleh Vannevar Bush sebelum
Perang Dunia II adalah dari jenis ini. Bilangan dapat direpresentasikan
dalam bentuk digit, otomatis dimanipulasi dengan mekanisme mekanik. Meskipun
pendekatan ini terakhir diperlukan mekanisme yang lebih kompleks dalam banyak
kasus, itu dibuat untuk lebih presisi hasil.
Penemuan amplifier elektronik membuat mesin hitung
jauh lebih cepat daripada pendahulu mereka mekanis atau elektromekanis.Vacuum tabung
(katup termionik) amplifier memberi jalan untuk solid state transistor ,
dan kemudian cepat ke sirkuit terpadu yang
terus meningkatkan, menempatkan jutaan saklar listrik (biasanya transistor )
pada selembar rumit diproduksi tunggal semi-konduktor ukuran kuku. Dengan
mengalahkan tirani angka ,
sirkuit terpadu membuat komputer digital berkecepatan tinggi dan rendah-biaya
komoditas luas. Ada upaya untuk membuat perangkat keras komputer lebih
cepat, lebih murah, dan mampu menyimpan lebih banyak data.
Perangkat keras komputer telah menjadi platform
untuk menggunakan selain perhitungan belaka, seperti otomatisasi proses,
komunikasi elektronik, peralatan kontrol, hiburan, pendidikan, dll Setiap
bidang pada gilirannya telah memberlakukan persyaratan sendiri pada perangkat
keras, yang telah berkembang dalam menanggapi mereka persyaratan, seperti peran layar sentuh untuk
membuat lebih intuitif dan user interface alami .
Karena semua komputer mengandalkan penyimpanan
digital, dan cenderung dibatasi oleh ukuran dan kecepatan memori, sejarahpenyimpanan
data komputer terkait dengan pengembangan komputer.
Evolusi
perilaku bisnis
Perilaku sifatnya individual yang erat kaitannya
dengan kepribadian yang terbentuk sepanjang hidup melalui proses sosialisasi.
Sosialisasi adalah proses belajar yang dilakukan oleh seseorang semenjak masa
kanak-kanak hingga masa tuanya, mengenai pola-pola tindakan dalam berinteraksi
dengan segala ragam individu yang ada di sekelilingnya. Dalam sosialisasi ini
terjadi proses pembinaan kepribadian (Personality Building) yang dapat membantu
seseorang untuk menyesuaikan diri, oleh karena itu kepribadian sangat
dipengaruhi oleh faktor genetika (Genotype), pengalaman pendidikan, perasaan,
naluri, dan lingkungan. Sosialisasi dan kepribadian ini membentuk suatu sistem
prilaku (Behaviour system) yang akan menentukan sikap (Attitude) seseorang.
Kepribadian merupakan keseluruhan perilaku seseorang dan kecenderungannya dalam
berinteraksi dengan serangkaian situasi.
Evolusi
perangkat lunak
Evolusi perangkat lunak adalah fenomena
perubahan software terus-menerus. Evolusi perangkat lunak didorong oleh
umpan balik dari pengguna, dalam bentuk persyaratan baru dan berubah, dan
perubahan sosial, ekonomi, dan teknologi lainnya di dunia nyata.Alternatif
terhadap perubahan evolusioner, yang sering inkremental, adalah perubahan
revolusioner, seperti misalnya (kembali) pembangunan dari awal. Baik
evolusi, dan revolusi, hadir di dunia perangkat lunak, survei menunjukkan bahwa
sebagian besar upaya dihabiskan untuk evolusi.
Ini istilah praktis ini berarti bahwa banyak
aplikasi 'tinggal di sekitar' beberapa tahun, lebih dari awalnya diramalkan,
menjadi warisan sistem dan kemungkinan menderita penuaan dan kerusakan
perangkat lunak kode. Ini juga berarti bahwa sumber daya yang besar masuk
ke evolusi perangkat lunak. Ada kesempatan besar untuk penelitian untuk
membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam evolusi software.
Sebagai perangkat lunak yang berkembang, kode dan
data yang terakumulasi dalam repositori kode software. Ini menawarkan
kesempatan untuk menerapkan berbagai teknik untuk mempelajari dataset besar,
untuk mencari fakta-fakta menarik yang dapat membantu manajer dan pengembang
perangkat lunak untuk berkembang. Penelitian ini dapat memberikan
kontribusi untuk pemahaman berbasis bukti ilmiah evolusi perangkat lunak. Gratis / Libre / Open Software (FLOSS)
repositori menawarkan kesempatan besar bagi para peneliti di bidang ini. Tidak
hanya kode, milis tetapi juga cacat dan database yang kemungkinan akan tersedia
untuk belajar. Karena kekhususan domain ini, hasil penelitian FLOSS
mungkin tidak berlaku untuk pengaturan proprietary. Sistem kepemilikan dan
organisasi mereka dapat dipelajari sendiri, tetapi akses harus dijamin dengan
pemilik sistem sebelum penelitian dimulai dan kerahasiaan diawetkan,
terutama ketika mempublikasikan hasil apapun. Sebagai aplikasi
co-berevolusi dengan dunia yang lebih luas (misalnya budaya, masyarakat, proses
bisnis), ada juga minat dalam memahami dan mengelola proyek dalam perangkat
lunak yang lebih luas eko-sistem.
Beberapa pertanyaan yang menarik adalah:
• Apa aspek-aspek manusia yang relevan evolusi
perangkat lunak, misalnya apa peran dan dampak dari orang sebagai driver,
pelaksana, dan, secara umum, para pemangku kepentingan evolusi perangkat lunak?
• Bagaimana evolusi perangkat lunak dicirikan dalam
domain yang diberikan, dan apa persamaan dan perbedaan dapat ditemukan di
seluruh domain (misalnya FLOSS vs proprietary) sehubungan dengan aspek diamati
relevan?
• Bagaimana kualitas dari produk evolusi perangkat
lunak dan proses secara sistematis diukur, dievaluasi dan diperbaiki? Misalnya,
bagaimana produktivitas dan efektivitas dimodelkan dan diukur dari repositori
kode yang ada dan data historis lainnya?
Kemungkinan proyek mungkin melibatkan satu atau
lebih teknik ini:
• Metrik perangkat lunak yang diterapkan selama
rilis atau real time, yang melibatkan pengukuran sistematis sifat produk dan
proses (seperti ukuran, kompleksitas dan produktivitas) dan analisis mereka,
dalam rangka untuk mengidentifikasi tren dan outlier.
• Data visualisasi membantu menemukan pola
evolusi menggunakan diagram scatter, box-plot atau teknik diagram lainnya, dan
membantu pengembang dan manajer untuk memahami evolusi sistem mereka dan
merencanakan langkah maju.
• Data mining dan teknik lainnya mendeteksi
keteraturan dan pola dalam data, yang kemudian dapat digunakan untuk menemukan
'hot spot-' kompleksitas, misalnya untuk memandu refactoring, atau
untuk membantu mengevaluasi ada atau mengidentifikasi hipotesis baru dari
fenomena evolusi perangkat lunak ( melihat hukum Lehman).
• Simulasi dan teori-berbasis model mewujudkan
pemahaman konseptual dari beberapa aspek dari fenomena evolusi perangkat lunak
atau menganalisis situasi praktis yang berkaitan dengan proses perbaikan. Model
ini harus dievaluasi terhadap data empiris.
• pemulihan Informasi, misalnya persyaratan
perangkat lunak dan arsitektur, membantu re-dokumen aplikasi, mengevaluasi
integritas desain dan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip rekayasa perangkat
lunak, memulihkan link traceability, dan asumsi dokumen.
• Studi Etnografi, dan yang sejenis sosial-ilmu
studi terinspirasi dari organisasi yang sebenarnya bertugas berkembang sistem
perangkat lunak, membantu mengidentifikasi praktek yang baik, kesulitan, dan
faktor keberhasilan dalam konteks jangka panjang evolusi perangkat lunak.
• metode penelitian empiris termasuk percobaan
terkontrol untuk studi dampak teknik tertentu atau pendekatan tentang evolusi
perangkat lunak dan replikasi, dalam pengaturan yang berbeda, studi yang ada
evolusi perangkat lunak.
• alat infrastruktur yang meliputi: alat-alat
baru untuk membantu mengembangkan perangkat lunak (misalnya kode baru versi
sistem dengan integrasi yang lebih baik dengan sistem pelaporan bug), e-Ilmu
teknologi berbasis software untuk membantu peneliti evolusi untuk lebih efektif
menggunakan repositori yang ada dan studi mereplikasi, pendekatan kinerja
tinggi (seperti komputasi paralel) untuk membuat pengolahan repositori
perangkat lunak yang lebih penurut.
Beberapa topik PhD ,
terutama yang di bawah di bawah 'Studi Empiris Pengembangan Software' tema dan
'Rekayasa Kebutuhan dan Desain', terkait dengan evolusi perangkat lunak, dan
dapat disesuaikan dengan proyek-proyek yang lebih kecil MPhil.
Beberapa sumber daya yang Anda mungkin ingin mengeksplorasi adalah:
Beberapa sumber daya yang Anda mungkin ingin mengeksplorasi adalah:
• Klik di sini untuk "peta jalan"
untuk penelitian di bidang ini
• Buku berisi koleksi makalah tentang evolusi
perangkat lunak termasuk Lehman dan Belady (1985), Madhavji et al (2006), Mens dan Demeyer (2008). Meir M. (Manny) Lehman adalah salah
satu pelopor dalam bidang ini.
• Para Kelompok ERCIM bekerja pada evolusi perangkat lunakmenawarkan
berbagai sumber daya pada situs web mereka dan mengatur lokakarya tahunan.
• Makalah tentang evolusi perangkat lunak yang
diterbitkan di banyak tempat, termasuk Journal of Pemeliharaan Software dan Evolusi ,
IEEE ICSM konferensi, yang IWPSE lokakarya, MSR kerja
konferensi, yang menjalankan tantangan penambangan berdasarkan proyek open
source.
• The Laboratorium Eropa pada Evolution Software adalah
visi untuk mencapai sebuah laboratorium virtual membantu peneliti untuk bekerja
sama dalam bidang ini.
• Coba Google Scholar pencarian di 'evolusi perangkat lunak' atau'hukum evolusi perangkat lunak' .
Inovasi
teknologi system
Sistem Inovasi Teknologi adalah sebuah konsep yang
dikembangkan dalam bidang ilmiah inovasi penelitian
yang berfungsi untuk menjelaskan sifat dan tingkat perubahan teknologi. Sebuah
Sistem Inovasi Teknologi dapat didefinisikan sebagai 'jaringan dinamis agen
berinteraksi dalam / ekonomi tertentu area di bawah infrastruktur kelembagaan
tertentu industri dan terlibat dalam generasi, difusi, dan pemanfaatan
teknologi '.
Pendekatan ini dapat diterapkan untuk setidaknya
tiga tingkat analisis: untuk teknologi dalam arti bidang pengetahuan, untuk
produk atau artefak, atau satu set produk terkait dan artefak yang bertujuan
untuk memuaskan tertentu [masyarakat] fungsi ' .Sehubungan dengan kedua,
pendekatan ini telah membuktikan dirinya terutama dalam menjelaskan mengapa dan
bagaimana berkelanjutan (energi) teknologi telah berkembang dan menyebar ke
dalam masyarakat, atau telah gagal untuk melakukannya.
Berhungan
dan interaksi dengan lingkungan eksternal
Jika ada sesuatu yang menggantikan cepat dan tidak
berubah, maka perubahan itu sendiri. Perubahan tidak bisa dihindari, dan
organisasi-organisasi yang tidak mengikuti perubahan akan menjadi tidak stabil,
dengan jangka panjang bertahan hidup yang bersangkutan.
Ada hal-hal, kejadian, atau situasi yang terjadi yang mempengaruhi cara bisnis beroperasi, baik dengan cara yang positif atau negatif. Hal-hal ini, situasi, atau peristiwa yang terjadi yang mempengaruhi bisnis baik dalam cara yang positif atau negatif disebut "penggerak atau faktor lingkungan atau kekuatan."
Ada dua macam penggerak, kekuatan pendorong internal, dan kekuatan pendorong eksternal kekuatan pendorong internal adalah mereka macam hal, situasi, atau kejadian yang terjadi di dalam bisnis, dan umumnya di bawah kendali perusahaan.. Contoh mungkin sebagai berikut.
· Organisasi mesin dan peralatan,
· Teknologi kapasitas,
· Budaya organisasi,
· Manajemen sistem,
· Manajemen keuangan
· Semangat kerja karyawan.
Kekuatan pendorong eksternal adalah mereka macam hal, situasi, atau kejadian yang terjadi di luar perusahaan dan oleh dan besar di luar kendali perusahaan. Contoh kekuatan pendorong eksternal mungkin, industri itu sendiri, ekonomi, demografi, persaingan, campur tangan politik, dll
Apakah mereka adalah kekuatan pendorong internal atau eksternal, satu hal yang pasti untuk keduanya. Perubahan akan terjadi! Sebuah perusahaan harus menyadari perubahan, fleksibel, dan bersedia untuk menanggapi mereka dengan cara yang tepat.
Kekuatan pendorong eksternal dapat mengubur bisnis jika tidak dapat ditangani. Pertanyaannya adalah, bagaimana bisnis tahu perubahan apa yang terjadi sehingga mereka dapat berurusan dengan mereka dengan cara yang positif. OK, itu masalah berikutnya.
Dalam rangka untuk bisnis untuk sukses dan mendapatkan keunggulan kompetitif, bisnis harus tahu apa perubahan memang terjadi, dan apa perubahan mungkin akan datang di masa depan. Saya kira Anda mungkin menyebutnya peramalan ini. Dengan demikian, penting bagi bisnis adalah apa yang kita sebut itu adalah pengumpulan dan analyzation data "sumber informasi.". Beberapa contoh informasi penting dapat mencakup hal-hal berikut:
Ada hal-hal, kejadian, atau situasi yang terjadi yang mempengaruhi cara bisnis beroperasi, baik dengan cara yang positif atau negatif. Hal-hal ini, situasi, atau peristiwa yang terjadi yang mempengaruhi bisnis baik dalam cara yang positif atau negatif disebut "penggerak atau faktor lingkungan atau kekuatan."
Ada dua macam penggerak, kekuatan pendorong internal, dan kekuatan pendorong eksternal kekuatan pendorong internal adalah mereka macam hal, situasi, atau kejadian yang terjadi di dalam bisnis, dan umumnya di bawah kendali perusahaan.. Contoh mungkin sebagai berikut.
· Organisasi mesin dan peralatan,
· Teknologi kapasitas,
· Budaya organisasi,
· Manajemen sistem,
· Manajemen keuangan
· Semangat kerja karyawan.
Kekuatan pendorong eksternal adalah mereka macam hal, situasi, atau kejadian yang terjadi di luar perusahaan dan oleh dan besar di luar kendali perusahaan. Contoh kekuatan pendorong eksternal mungkin, industri itu sendiri, ekonomi, demografi, persaingan, campur tangan politik, dll
Apakah mereka adalah kekuatan pendorong internal atau eksternal, satu hal yang pasti untuk keduanya. Perubahan akan terjadi! Sebuah perusahaan harus menyadari perubahan, fleksibel, dan bersedia untuk menanggapi mereka dengan cara yang tepat.
Kekuatan pendorong eksternal dapat mengubur bisnis jika tidak dapat ditangani. Pertanyaannya adalah, bagaimana bisnis tahu perubahan apa yang terjadi sehingga mereka dapat berurusan dengan mereka dengan cara yang positif. OK, itu masalah berikutnya.
Dalam rangka untuk bisnis untuk sukses dan mendapatkan keunggulan kompetitif, bisnis harus tahu apa perubahan memang terjadi, dan apa perubahan mungkin akan datang di masa depan. Saya kira Anda mungkin menyebutnya peramalan ini. Dengan demikian, penting bagi bisnis adalah apa yang kita sebut itu adalah pengumpulan dan analyzation data "sumber informasi.". Beberapa contoh informasi penting dapat mencakup hal-hal berikut:
Kompetisi (apa yang mereka lakukan?)
Perilaku pelanggan (kebutuhan, keinginan, dan
keinginan)
Industri melihat keluar (lokal, nasional, global)
Demografi (populasi perubahan, ada kepadatan, dll)
Ekonomi (kita memuncak, atau bergerak negatif)
Gerakan politik dan / atau gangguan
Lingkungan sosial
Perubahan teknologi
Umum perubahan lingkungan
Jenis-Jenis Sistem Informasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar