Minggu, 11 November 2012

EVOLUSI SISTEM INFORMASI


EVOLUSI SISTEM INFORMASI

A. Fokus awal pada data
Selama paruh pertama abad 20, perusahaan pada umumnya mengabaikan kebutuha n informasi para manajer. Pada fase ini penggunaan komputer hanya terbatas pada aplikasi akuntansi.
Nama aplikasi akuntasnsi berbasis komputer pada awalnya adalah pengolahan data elektronik (EDP) kemudian berubah menjadi Data prosesing (DP) dan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) .
B. Fokus baru pada informasi
Tahun 1964 diperkenalkan satu generasi baru alat penghitung yang mempengaruhi cara penggunaan komputer. Konsep penggunaan komputer sebagai SIM dipromosikan oleh pembuat komputer untuk mendukung peralatan baru tsb. Konsep SIM menyadari bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi manajemen. Konsep ini segera diterima oleh perusahaan besar.
C. Fokus revisi pada pendukung keputusan.
Sistem pendukung keputusan (Decision support system)
= sistem penghasil informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan oleh manajer dan keputusan yang harus dibuat manajer.
Manajer tsb. Berada di bagian manapun dalam organisasi pada tingkat manapun dan dalam area bisnis apapun. DSS dimaksudkan untuk mendukung kerja satu manajer secara khusus.

EVOLUSI PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS
Perangkat keras komputer berevolusi dari mesin yang membutuhkan tindakan manual yang terpisah untuk melakukan setiap operasi aritmatika, dengan kartu punch mesin, dan kemudian disimpan-program komputer . Sejarah disimpan-program komputer berkaitan pertama untuk arsitektur komputer, yaitu, organisasi unit untuk melakukan input dan output, untuk menyimpan data dan untuk beroperasi sebagai mekanisme terpadu.
Sebelum perkembangan komputer tujuan umum, perhitungan sebagian besar dilakukan oleh manusia. Alat mekanik untuk membantu manusia dengan perhitungan digital kemudian disebut "mesin hitung", dengan nama kepemilikan, atau bahkan seperti sekarang,kalkulator . Itu orang-manusia yang menggunakan mesin-mesin yang kemudian disebut komputer. Selain angka ditulis, bantuan pertama perhitungan adalah murni perangkat mekanik yang diperlukan operator untuk mengatur nilai awal dari suatu operasi aritmatika dasar, kemudian memanipulasi perangkat untuk mendapatkan hasilnya. Contoh (dan relatif baru) canggih adalah aturan slide di mana angka direpresentasikan sebagai panjang pada skala logaritmik dan perhitungan dilakukan dengan menetapkan kursor dan menyelaraskan skala geser, sehingga menambah panjang tersebut. Bilangan dapat direpresentasikan dalam bentuk terus menerus "analog", misalnya tegangan atau beberapa properti fisik lainnya ditetapkan harus proporsional dengan nomor. Komputer analog, seperti yang dirancang dan dibangun oleh Vannevar Bush sebelum Perang Dunia II adalah dari jenis ini. Bilangan dapat direpresentasikan dalam bentuk digit, otomatis dimanipulasi dengan mekanisme mekanik. Meskipun pendekatan ini terakhir diperlukan mekanisme yang lebih kompleks dalam banyak kasus, itu dibuat untuk lebih presisi hasil.
Penemuan amplifier elektronik membuat mesin hitung jauh lebih cepat daripada pendahulu mereka mekanis atau elektromekanis.Vacuum tabung (katup termionik) amplifier memberi jalan untuk solid state transistor , dan kemudian cepat ke sirkuit terpadu yang terus meningkatkan, menempatkan jutaan saklar listrik (biasanya transistor ) pada selembar rumit diproduksi tunggal semi-konduktor ukuran kuku. Dengan mengalahkan tirani angka , sirkuit terpadu membuat komputer digital berkecepatan tinggi dan rendah-biaya komoditas luas. Ada upaya untuk membuat perangkat keras komputer lebih cepat, lebih murah, dan mampu menyimpan lebih banyak data.
Perangkat keras komputer telah menjadi platform untuk menggunakan selain perhitungan belaka, seperti otomatisasi proses, komunikasi elektronik, peralatan kontrol, hiburan, pendidikan, dll Setiap bidang pada gilirannya telah memberlakukan persyaratan sendiri pada perangkat keras, yang telah berkembang dalam menanggapi mereka persyaratan, seperti peran layar sentuh untuk membuat lebih intuitif dan user interface alami .
Karena semua komputer mengandalkan penyimpanan digital, dan cenderung dibatasi oleh ukuran dan kecepatan memori, sejarahpenyimpanan data komputer terkait dengan pengembangan komputer.
Evolusi perilaku bisnis
Perilaku sifatnya individual yang erat kaitannya dengan kepribadian yang terbentuk sepanjang hidup melalui proses sosialisasi. Sosialisasi adalah proses belajar yang dilakukan oleh seseorang semenjak masa kanak-kanak hingga masa tuanya, mengenai pola-pola tindakan dalam berinteraksi dengan segala ragam individu yang ada di sekelilingnya. Dalam sosialisasi ini terjadi proses pembinaan kepribadian (Personality Building) yang dapat membantu seseorang untuk menyesuaikan diri, oleh karena itu kepribadian sangat dipengaruhi oleh faktor genetika (Genotype), pengalaman pendidikan, perasaan, naluri, dan lingkungan. Sosialisasi dan kepribadian ini membentuk suatu sistem prilaku (Behaviour system) yang akan menentukan sikap (Attitude) seseorang. Kepribadian merupakan keseluruhan perilaku seseorang dan kecenderungannya dalam berinteraksi dengan serangkaian situasi.
Evolusi perangkat lunak
Evolusi perangkat lunak adalah fenomena perubahan software terus-menerus. Evolusi perangkat lunak didorong oleh umpan balik dari pengguna, dalam bentuk persyaratan baru dan berubah, dan perubahan sosial, ekonomi, dan teknologi lainnya di dunia nyata.Alternatif terhadap perubahan evolusioner, yang sering inkremental, adalah perubahan revolusioner, seperti misalnya (kembali) pembangunan dari awal. Baik evolusi, dan revolusi, hadir di dunia perangkat lunak, survei menunjukkan bahwa sebagian besar upaya dihabiskan untuk evolusi.
Ini istilah praktis ini berarti bahwa banyak aplikasi 'tinggal di sekitar' beberapa tahun, lebih dari awalnya diramalkan, menjadi warisan sistem dan kemungkinan menderita penuaan dan kerusakan perangkat lunak kode. Ini juga berarti bahwa sumber daya yang besar masuk ke evolusi perangkat lunak. Ada kesempatan besar untuk penelitian untuk membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam evolusi software.
Sebagai perangkat lunak yang berkembang, kode dan data yang terakumulasi dalam repositori kode software. Ini menawarkan kesempatan untuk menerapkan berbagai teknik untuk mempelajari dataset besar, untuk mencari fakta-fakta menarik yang dapat membantu manajer dan pengembang perangkat lunak untuk berkembang. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi untuk pemahaman berbasis bukti ilmiah evolusi perangkat lunak. Gratis / Libre / Open Software (FLOSS) repositori menawarkan kesempatan besar bagi para peneliti di bidang ini. Tidak hanya kode, milis tetapi juga cacat dan database yang kemungkinan akan tersedia untuk belajar. Karena kekhususan domain ini, hasil penelitian FLOSS mungkin tidak berlaku untuk pengaturan proprietary. Sistem kepemilikan dan organisasi mereka dapat dipelajari sendiri, tetapi akses harus dijamin dengan pemilik sistem sebelum penelitian dimulai dan kerahasiaan diawetkan, terutama ketika mempublikasikan hasil apapun. Sebagai aplikasi co-berevolusi dengan dunia yang lebih luas (misalnya budaya, masyarakat, proses bisnis), ada juga minat dalam memahami dan mengelola proyek dalam perangkat lunak yang lebih luas eko-sistem.
Beberapa pertanyaan yang menarik adalah:
• Apa aspek-aspek manusia yang relevan evolusi perangkat lunak, misalnya apa peran dan dampak dari orang sebagai driver, pelaksana, dan, secara umum, para pemangku kepentingan evolusi perangkat lunak?
• Bagaimana evolusi perangkat lunak dicirikan dalam domain yang diberikan, dan apa persamaan dan perbedaan dapat ditemukan di seluruh domain (misalnya FLOSS vs proprietary) sehubungan dengan aspek diamati relevan?
• Bagaimana kualitas dari produk evolusi perangkat lunak dan proses secara sistematis diukur, dievaluasi dan diperbaiki? Misalnya, bagaimana produktivitas dan efektivitas dimodelkan dan diukur dari repositori kode yang ada dan data historis lainnya?
Kemungkinan proyek mungkin melibatkan satu atau lebih teknik ini:
• Metrik perangkat lunak yang diterapkan selama rilis atau real time, yang melibatkan pengukuran sistematis sifat produk dan proses (seperti ukuran, kompleksitas dan produktivitas) dan analisis mereka, dalam rangka untuk mengidentifikasi tren dan outlier.
• Data visualisasi membantu menemukan pola evolusi menggunakan diagram scatter, box-plot atau teknik diagram lainnya, dan membantu pengembang dan manajer untuk memahami evolusi sistem mereka dan merencanakan langkah maju.
• Data mining dan teknik lainnya mendeteksi keteraturan dan pola dalam data, yang kemudian dapat digunakan untuk menemukan 'hot spot-' kompleksitas, misalnya untuk memandu refactoring, atau untuk membantu mengevaluasi ada atau mengidentifikasi hipotesis baru dari fenomena evolusi perangkat lunak ( melihat hukum Lehman).
• Simulasi dan teori-berbasis model mewujudkan pemahaman konseptual dari beberapa aspek dari fenomena evolusi perangkat lunak atau menganalisis situasi praktis yang berkaitan dengan proses perbaikan. Model ini harus dievaluasi terhadap data empiris.
• pemulihan Informasi, misalnya persyaratan perangkat lunak dan arsitektur, membantu re-dokumen aplikasi, mengevaluasi integritas desain dan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak, memulihkan link traceability, dan asumsi dokumen.
• Studi Etnografi, dan yang sejenis sosial-ilmu studi terinspirasi dari organisasi yang sebenarnya bertugas berkembang sistem perangkat lunak, membantu mengidentifikasi praktek yang baik, kesulitan, dan faktor keberhasilan dalam konteks jangka panjang evolusi perangkat lunak.
• metode penelitian empiris termasuk percobaan terkontrol untuk studi dampak teknik tertentu atau pendekatan tentang evolusi perangkat lunak dan replikasi, dalam pengaturan yang berbeda, studi yang ada evolusi perangkat lunak.
• alat infrastruktur yang meliputi: alat-alat baru untuk membantu mengembangkan perangkat lunak (misalnya kode baru versi sistem dengan integrasi yang lebih baik dengan sistem pelaporan bug), e-Ilmu teknologi berbasis software untuk membantu peneliti evolusi untuk lebih efektif menggunakan repositori yang ada dan studi mereplikasi, pendekatan kinerja tinggi (seperti komputasi paralel) untuk membuat pengolahan repositori perangkat lunak yang lebih penurut.
Beberapa topik PhD , terutama yang di bawah di bawah 'Studi Empiris Pengembangan Software' tema dan 'Rekayasa Kebutuhan dan Desain', terkait dengan evolusi perangkat lunak, dan dapat disesuaikan dengan proyek-proyek yang lebih kecil MPhil.

Beberapa sumber daya yang Anda mungkin ingin mengeksplorasi adalah:
• Klik di sini untuk "peta jalan" untuk penelitian di bidang ini
• Buku berisi koleksi makalah tentang evolusi perangkat lunak termasuk Lehman dan Belady (1985), Madhavji et al (2006), Mens dan Demeyer (2008). Meir M. (Manny) Lehman adalah salah satu pelopor dalam bidang ini.
• Para Kelompok ERCIM bekerja pada evolusi perangkat lunakmenawarkan berbagai sumber daya pada situs web mereka dan mengatur lokakarya tahunan.
• Makalah tentang evolusi perangkat lunak yang diterbitkan di banyak tempat, termasuk Journal of Pemeliharaan Software dan Evolusi , IEEE ICSM konferensi, yang IWPSE lokakarya, MSR kerja konferensi, yang menjalankan tantangan penambangan berdasarkan proyek open source.
• The Laboratorium Eropa pada Evolution Software adalah visi untuk mencapai sebuah laboratorium virtual membantu peneliti untuk bekerja sama dalam bidang ini.

Inovasi teknologi system
Sistem Inovasi Teknologi adalah sebuah konsep yang dikembangkan dalam bidang ilmiah inovasi penelitian yang berfungsi untuk menjelaskan sifat dan tingkat perubahan teknologi. Sebuah Sistem Inovasi Teknologi dapat didefinisikan sebagai 'jaringan dinamis agen berinteraksi dalam / ekonomi tertentu area di bawah infrastruktur kelembagaan tertentu industri dan terlibat dalam generasi, difusi, dan pemanfaatan teknologi '.
Pendekatan ini dapat diterapkan untuk setidaknya tiga tingkat analisis: untuk teknologi dalam arti bidang pengetahuan, untuk produk atau artefak, atau satu set produk terkait dan artefak yang bertujuan untuk memuaskan tertentu [masyarakat] fungsi ' .Sehubungan dengan kedua, pendekatan ini telah membuktikan dirinya terutama dalam menjelaskan mengapa dan bagaimana berkelanjutan (energi) teknologi telah berkembang dan menyebar ke dalam masyarakat, atau telah gagal untuk melakukannya.
Berhungan dan interaksi dengan lingkungan eksternal
Jika ada sesuatu yang menggantikan cepat dan tidak berubah, maka perubahan itu sendiri. Perubahan tidak bisa dihindari, dan organisasi-organisasi yang tidak mengikuti perubahan akan menjadi tidak stabil, dengan jangka panjang bertahan hidup yang bersangkutan.

Ada hal-hal, kejadian, atau situasi yang terjadi yang mempengaruhi cara bisnis beroperasi, baik dengan cara yang positif atau negatif. Hal-hal ini, situasi, atau peristiwa yang terjadi yang mempengaruhi bisnis baik dalam cara yang positif atau negatif disebut "penggerak atau faktor lingkungan atau kekuatan."

Ada dua macam penggerak, kekuatan pendorong internal, dan kekuatan pendorong eksternal kekuatan pendorong internal adalah mereka macam hal, situasi, atau kejadian yang terjadi di dalam bisnis, dan umumnya di bawah kendali perusahaan.. Contoh mungkin sebagai berikut.

· Organisasi mesin dan peralatan,
· Teknologi kapasitas,
· Budaya organisasi,
· Manajemen sistem,
· Manajemen keuangan
· Semangat kerja karyawan.

Kekuatan pendorong eksternal adalah mereka macam hal, situasi, atau kejadian yang terjadi di luar perusahaan dan oleh dan besar di luar kendali perusahaan. Contoh kekuatan pendorong eksternal mungkin, industri itu sendiri, ekonomi, demografi, persaingan, campur tangan politik, dll

Apakah mereka adalah kekuatan pendorong internal atau eksternal, satu hal yang pasti untuk keduanya. Perubahan akan terjadi! Sebuah perusahaan harus menyadari perubahan, fleksibel, dan bersedia untuk menanggapi mereka dengan cara yang tepat.


Kekuatan pendorong eksternal dapat mengubur bisnis jika tidak dapat ditangani. Pertanyaannya adalah, bagaimana bisnis tahu perubahan apa yang terjadi sehingga mereka dapat berurusan dengan mereka dengan cara yang positif. OK, itu masalah berikutnya.

Dalam rangka untuk bisnis untuk sukses dan mendapatkan keunggulan kompetitif, bisnis harus tahu apa perubahan memang terjadi, dan apa perubahan mungkin akan datang di masa depan. Saya kira Anda mungkin menyebutnya peramalan ini. Dengan demikian, penting bagi bisnis adalah apa yang kita sebut itu adalah pengumpulan dan analyzation data "sumber informasi.". Beberapa contoh informasi penting dapat mencakup hal-hal berikut:


Kompetisi (apa yang mereka lakukan?)
Perilaku pelanggan (kebutuhan, keinginan, dan keinginan)
Industri melihat keluar (lokal, nasional, global)
Demografi (populasi perubahan, ada kepadatan, dll)
Ekonomi (kita memuncak, atau bergerak negatif)
Gerakan politik dan / atau gangguan
Lingkungan sosial
Perubahan teknologi
Umum perubahan lingkungan

Jenis-Jenis Sistem Informasi
stem Informasi Akuntansi Sistem informasi akuntansi adalah kumpulan sumber daya yang dirancang untuk mentransformasikan data keuangan menjadi informasi. b. Sistem Informasi Keuangan Sistem informasi keuangan adalah sistem untuk mendukung bagian keuangan dalam pengambilan keputusan yang mengangkut persoalan keuangan sekolah dan pengalokasian serta pengendalian sumber daya keuangan dalam lingkungan sekolah. Misalnya : ringkasan arus kas, informasi pembayaran. c. Sistem Informasi Manufaktur Sistem informasi manufaktur adalah sistem yang digunakan untuk mendukung fungsi produksi yang mencakup seluruh kegiatan yang terkait dalam pembayaran dan pembelian inventaris sekolah dan alat-alat tulis. d. Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Sistem informsi dumber daya manusia adalah sistem informasi yang menyediakan informasi yang dipakai oleh fungsi personalia. Misalnya : berisi informasi gaji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar